Sunday, October 24, 2010

5 Cara Tingkatkan Daya Ingat

Sering kelupaan? merasa sok pikun? wajar... namanya juga manusia... Seiring bertambahnya usia biasanya daya kerja otak manusia berkurang. Akibatnya daya ingat seseorang pun akan menurun atau yang bisa dikenal dengan pikun. Bahkan jika gaya hidup Anda kurang baik dapat menyebabkan sindrom gangguan memori, Alzheimer.

Alzheimer adalah sindrom yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang, karena sindrom ini dapat menghapus keseluruhan memori penderitanya secara perlahan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari sindrom-sindrom yang akan mengganggu fungsi otak Anda dalam menyimpan memori;

cekidot!



1. Mengunyah permen karet
Penelitian yang dimuat pada jurnal kesehatan Apetite menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu pelajar menyerap pengetahuan yang mereka pelajari dan meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan mengunyah permen karet meningkatkan denyut jantung yang akan memperlancar aliran darah ke otak.

2. Olahraga secara teratur
Tidak hanya baik bagi tubuh Anda karena dapat membakar kalori, berolahraga secara teratur juga baik bagi kinerja otak Anda. Melakukan olah raga secara rutin diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Kafein
Efek kafein bagi tubuh sampai saat ini masih menjadi perdebatan dalam dunia kesehatan. Beberapa ahli berpendapat bahwa menkonsumsi kafein baik bagi tubuh sedangkan yang lainnya menolak pernyataan tersebut. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir, kafein dapat meningkatkan memori jangka pendek, melindungi wanita lanjut usia dari serangan pikun dan bahkan membantu pemulihan seseorang setelah terserang sindrom Alzheimer.
kalo nyoba yg ini sebaiknya jgn banyak2 deh,,.



4. Tidur siang
Mungkin sulit bagi Anda untuk sejenak memejamkan mata pada siang hari, tetapi sebuah penelitian menemukan tidur sejenak di siang hari dapat membantu kerja otak untuk menyimpan memori. Pastikan jumlah maksimal yang anda habiskan untuk tidur siang adalah 45 menit.

5. Alkohol
Walaupun memiliki efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, alkohol dapat meningkatkan memori dan bahkan dapat membantu mencegah kepikunan.
kalo cara yg ini sangat disarankan buat dihindari, haram cuyyyy! ini cuma hasil penelitian manusia. mungkin ada hal2 yg tidak kita ketahui yg mgkn lebih berbahaya dibalik pengharamannya.

(Askmen/AYB)

artikel ini saya ambil dr liputan6.com

5 comments:

  1. wah gus, kotak komenmu ini gak kelihatan

    sebagai tambahan untuk tidur siang ini bagus nya sebelum sholat zuhur gus, tidur 45 menit berbaring sambil merilekskan otak aja, kan susah juga klo tidur cuma 45 menit, apalagi bagi yang susah untuk tidur

    ReplyDelete
  2. @ch, makasih deh tambahannya.
    masak sih gak keliatan? perasaan jelas banget gini.. mmm.. :(

    ReplyDelete
  3. gak keliatan gus, border pinggir buat kotak komentarnya kurang, warnanya menyatu ma warna background, klo gak kita klik gak tau klo ada kotak komen dibawahnya!

    ReplyDelete
  4. ya emang samar,, tapi menurutku udah cukup.. kalo bingung klik tulisan "leave a response" dibawah postingan.

    http://guspin.blogdetik.com/2010/10/24/5-cara-tingkatkan-daya-ingat/#respond

    ReplyDelete
  5. aduh gus, jangan menurutmu la, harusnya menurut pengunjung. aku kan bakalan jadi pengunjung setiamu, jadi apa salahnya dirimu buat border yang gak samar hehehe

    ReplyDelete

silakan tinggalkan komen anda,
belom punya akun google?
tenang!! anda tetep bisa kasih komen dg pilih sebagai anonymous/URL.
Don't forget to take your web URL...