Thursday, October 28, 2010

SUMPAH PEMUDA; Kapan Sebenarnya Lahir?

sumpah-pemuda
Sekilas judul diatas seperti "menantang" apa yang diajarkan guru-guru kita di sekolah; tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta, "Sumpah Pemuda" (-soempah pemoeda) terlahir.


tak berniat menentang sebenarnya, saya hanya mengajak menilik lagi. Yang mana, jika kita kaji ulang,  mungkin akan tumbuh keraguan; apa benar sumpah pemuda lahir tahun 1928?
Sumpah pemuda, yang diperingati setiap tahun oleh bangsa ini, ternyata tidak memiliki dokumen dan bukti sejarah otentik, yang ada adalah keputusan rapat pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Kepala Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial (Pussis) Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Phil Ichwan Azhari mengatakan:



"Berdasarkan data yang ada, tidak pernah ada satu baris pun ditulis kata Sumpah Pemuda dan para pemuda juga tidak sedang melakukan sumpah saat itu,."

"berdasarkan catatan dan dokumen sejarah diketahui bahwa hari Sumpah Pemuda yang diperingati sebagai peristiwa nasional, merupakan suatu hasil rekontruksi dari para "Bapak Pembangun Bangsa" ini yang didasarkan pada ideologi-ideologi dari generasi yang berbeda."

"Dalam arti bahwa peristiwa 28 Oktober 1928, yang diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda adalah rekontruksi simbol yang sengaja dibentuk kemudian setelah sekian lama peristiwa tersebut berlalu, yaitu adanya pembelokan kata "Poetoesan Congres" menjadi kata "Sumpah Pemuda",

apabila teks asli hasil kongres pemuda 28 Oktober 1928 diteliti maka tidak akan ditemukan kata sumpah pemuda melainkan "Poetoesan Congres".


hal tersebut dilakukan sebagai cara Soekarno untuk memberi peringatan keras kepada dalang gerakan separatis yang mulai muncul menentang keutuhan Bangsa Indonesia.

Dalam arti bahwa, pembelokan kata "Poetoesan Congres" menjadi kata "Sumpah Pemuda" ditujukan dan digunakan sebagai senjata ideologi terhadap pihak separatis yang dinyatakan melanggar sumpah pemuda tahun 1928.

Sebagaimana diketahui, bahwa pada tanggal 28 Oktober 1954, Presiden Soekarno dan Muhammad Yamin membuka Kongres Bahasa Indonesia yang kedua di Medan, dan Yamin dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kabinet Ali Sastroamijoyo memberikan pidato pembukaan. Pada saat itu, Soekarno dan Yamin, sedang membangun simbol yang menjadi bagian dari susunan ideologi sebuah bangsa dan negara, dimana pilihannya jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928 dan saat itu pula kata "Poetoesan Congres" dibelokkan menjadi "Sumpah Pemuda".

Sejak saat itu yakni tahun 1954, tanggal 28 Oktober dianggap sebagai hari kelahiran sumpah pemuda untuk pertama kalinya."



"Dengan kata lain bahwa Kongres Bahasa Indonesia kedua di Medan tahun 1954 itu, telah menjadi awal yang menganggap tanggal 28 Oktober 1928 sebagai hari kelahiran Sumpah Pemuda."




Staf peneliti Pussis Unimed, Erond Damanik, turut mengatakan, "pada intinya pembelokan kata Poetoesan Congres menjadi Sumpah Pemuda adalah sebagai upaya untuk membentuk kesadaran nasional atas kemerdekaan bangsa ini".




[caption id="attachment_40" align="aligncenter" width="278" caption="image: banyakilmu.blogspot"]image: banyakilmu.blogspot[/caption]
Namun demikian, tidak semestinya peristiwa tersebut melahirkan kontroversi baru dalam pembelajaran sejarah nasional Indonesia yang sudah semestinya mendapat penjelasan yang baik dalam pembelajaran sejarah Indonesia.

"Ini berarti bahwa perlu dilakukan pengkajian dan penelitian komprehensif sehingga peristiwa 28 Oktober 1928 tersebut dapat dipahami secara detail dan benar" .


(pustaka: kapanlagi.com)

6 comments:

  1. wah, terjadi penyimpangan sejarah ya,

    ReplyDelete
  2. @Ch, mmmm.... Sepeertiinyaa...

    ReplyDelete
  3. mana nih yg bener??
    trus tiap taun kok gini terus??

    ReplyDelete
  4. Sumpah gue waktu itu tidak ikut bersumpah, tapi sumpah juga gue sayang banget sama negaraku tercinta Indonesia !!

    ReplyDelete
  5. memang bagus untuk sebuah pelajaran tapi tak seharusnya sejarah dibengkokkan.

    sudah sangat banyak sejarah yg tak sesuai relnya... cut nyak dien, ahmad matulessi, dan lain lain...

    untuk pembelajaran? apa untuk kepentingan tertentu? siapa tahu?

    ReplyDelete
  6. wah nuwun sewu, sudah benar-benar terlupa je....

    ReplyDelete

silakan tinggalkan komen anda,
belom punya akun google?
tenang!! anda tetep bisa kasih komen dg pilih sebagai anonymous/URL.
Don't forget to take your web URL...