Thursday, November 11, 2010

Mengapa Telinga Terasa Panas?

Mungkin anda pernah mendapati telinga luar anda terasa panas. Banyak orang yang percaya panasnya telinga ini dikarenakan ada orang yang sedang menjadikan kita sebagai bahan obrolan; Telinga Kanan Panas - berarti orang sedang bercerita tentang kebaikan kita, sebaliknya Telinga Kiri Panas - berarti kita sedang digunjingkan. saya juga kurang tahu, ini mitos atau apa; dan yang akan kita bahas bukan masalah mitos; tapi telinga panas dalam pandangan kesehatan. mengutip dari ehow.com, ada lima penyebab telinga terasa panas, yaitu:

1. Infeksi
Panasnya telinga luar panas mungkin disebabkan adanya infeksi telinga. Consumer Reports, melalui situsnya: ConsumerReports.org, menuliskan bahwa sebagian orang menderita kondisi panas telinga ini dalam kondisi kronis, sementara sebagai yang lain menderitanya dalam kondisi akut; yang mana hanya merasakan sekali dan tidak pernah terkena lagi setelah sembuh.



2. Erythromelalgia
Erythromelalgia adalah sindrom langka dimana arterioles pada kulit membesar secara bertahap, menyebabkan rasa terbakar, membuat kulit terasa panas, dan kadang-kadang membuat kulit kaki dan tangan jadi merah. belum diketahui penyebab pasti sindrom ini. Erythromelalgia.org menyebutkan bahwa mungkin ada kondisi sekunder terkait dengan penyakit yang lebih serius. Sindrom ini biasanya mulai diderita oleh seseorang saat berumur 20-an tahun atau lebih.

[caption id="attachment_51" align="alignleft" width="200" caption="image: eHow.com"]image: eHow.com[/caption]

3. Eksim
Eksim adalah penyakit kulit, biasanya berasa amat gatal, yg menimbulkan bintik-bintik atau gelembung-gelembung kecil, bercak berwarna kemerah-merahan yang mengerisik. Penyakit ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk di telinga luar.

4. Alergi
Kemerahan dan rasa panas bisa disebabkan oleh peradangan dari alergi. Menggaruk telinga dari gatal yang berkaitan dengan alergi dapat menyebabkan panas pada telinga luar menjadi semakin parah.

5. Berenang
Pada saat berenang, sangat memungkinkan adanya air yang membasahi telinga; dimana air ini bisa menjadi media bagi bakteri untuk tumbuh dan menyebar. The American Academy of Otolaryngology melaporkan bahwa ini bisa menyebabkan rasa sakit dan panas pada telinga luar.
Pustaka:
http://www.ehow.com/facts_6173370_outer-ear-hot_.html
http://cariobat.wordpress.com/2009/08/26/erythromelalgia-kulit-jadi-panas/
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001

7 comments:

  1. makasi infonya,
    beberapa hari kupingku panas terus. Ga tau sebabnya yg mana.
    Tersiksa rasanya.

    ReplyDelete
  2. hehehe..
    saya kira sedang digunjing orang..
    ternyata......

    salam
    blogger pemula

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah aku belum pernah gus, mudah2an selanjutnya juga begitu...

    ReplyDelete
  4. sudah 2 hari ini telinga saya panas banget. Kiri dan kanan lagi. Rasanya ...... aduh, seperti radiator kehabisan air.
    Smoga aja ini bukan penyakit.

    ReplyDelete
  5. Telingaku juga panas nih, kemarin malam mimpi telinga kemasukan gajah, sempat nangkap ekornya tapi ekornya putus , gajahnya terus masuk teliga deh...., sampai sekarang telinga masih panas

    ReplyDelete
  6. temanku pernah telinga kirinya panas.tp dah ok.makasii.

    ReplyDelete
  7. Jangan percaya ramalan ttg telinga panas. Musrik tuh
    sekarang kan sudah jelas jawaban secara ilmiahnya

    ReplyDelete

silakan tinggalkan komen anda,
belom punya akun google?
tenang!! anda tetep bisa kasih komen dg pilih sebagai anonymous/URL.
Don't forget to take your web URL...