Sunday, August 3, 2008

uang itu....??? (1)

8 Juli 2008, 08:30:28

HP`ku berdering tanda SMS masuk, buru2 aku buka...
'telpon ak gus', pesan yang singkat dari temenku.

aku pun segera menuruti keinginannya, kutelepon dia....
tuuut....

"halo gus, kau udah pernah kehilangan uang 700rb blom?",tanyanya...
"udah... bla.. bla.. bla... ", jawabku.

singkatnya, temenku telah berhasil nemuin duitku yang ilang hampir setahun yang lalu. duit yang sebenernya aku sendiri udah merelakan kepergiannya...

Tapi, tak apalah. itu berarti masih rezekiku. kukira uang itu bukanlah hakku, sehingga waktu itu menghilang dengan misterius. yah, sangat misterius... tak mungkin dicuri oleh manusia. karena, setahuku dan aku yakin, hanya aku seorang yang tahu tempat penyimpanan rahasiaku. sungguh seakan diambil makhluk gaib. padahal... aku tak yakin kalo makhluk gaib sekalipun mau mengambil uang itu.


pada masa2 kuliahku, jumlah itu sudah cukup besar. setidaknya lebih besar dari uang sakuku sebulan. dan pada saat aku kehilangan, aku tak pernah merasa sedih, merasa berat, ataupun apa sebagai akibat ditinggalkannya. mungkinkah hati ini telah kembali fitrah dengan tak begitu mengharap gemerlap kehidupan duniawi? tak mungkin, nyaris mustahil bagi orang yang masih lemah iman sepertiku.

uang itu bukanlah uang saku jatah dari ortu, bukan juga hasil tabunganku. kalo dibilang hasil kerja, bisa benar bisa juga tidak. yang pasti itu rezekiku. gak tahu uang itu halal atau haram, uang subhat. tapi, kuanggap saja halal. toh, aku tak menerima dari cara yang tidak benar, atau aku telah melakukan sesuatu yang melanggar peraturan. atau bahasa kerennya "korupsi". aku telah bekerja, bekerja sesuai prosedur. meski statusku hanya sebagai pegawai magang. terus, apa salahnya klo atasanku berbaik hati memberi, berbagi. sudahlah... husnuzzan saja...
Masalahnya, itu bukan pendapatan dari jalur resmi. sedang instansiku terkenal dengan praktik2 penyelewengan yang tak bisa dibenarkan dengan undang-undang. Dari jalur resmi, aku sudah dapet jatah dari kantor pusat. Jatah yang selama belom ada SKPP, akan selalu setia mengisi rekeningku. Uh... indahnya...

Hmmm...
So, what should I do?

Aku mulai bingung, apa yang mesti kulakukan sekarang...
Oh, God! Help me!!! Beri daku petunjuk....


No comments:

Post a Comment

silakan tinggalkan komen anda,
belom punya akun google?
tenang!! anda tetep bisa kasih komen dg pilih sebagai anonymous/URL.
Don't forget to take your web URL...