Thursday, December 4, 2008

10 Cara Olahraga Otak

olahraga otak tuh katanya bisa ngebentuk saraf baru yang dapat melindungi kita dari gejala demensia atau kepikunan. nah... berikut ane dapet artikel dari detikHealth, yg katanya ngelansir jg dari Livestrong.

10 cara melatih atau olahraga otak itu adalah:

1. Mengkidalkan diri
Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, kalo biasanya dominan tangan kanan maka pake tangan kiri (kidal) dan sebaliknya. Contohnya saat make mouse komputer, nyikat gigi dan ngikat sepatu dengan arah yang berlawanan. Kata Franklin Institute sih, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

2. Baca
Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi. Dan menurut studi Dr Nikolaos Scarmeas pada tahun 2001, membaca dapat membantu membangun 'cadangan kognitif' untuk menunda timbulnya demensia.

3. Maen puzzle atau teka-teki silang

Menurut pusat pelatihan kognitif LearningRx: teka-teki silang, puzzle, Sudoku dan jenis puzzle lainnya konon bagus banget buat ngelatih otak kita khususnya otak kiri. kita disaranin buat bikin strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya mecahin teka-teki silang dengan tema yang nggak biasa.

4. Maen permainan strategi

Permainan strategi kaya catur, monopoli atau game komputer lainnya, itu smua otak kanan kita; yang mana dapat membantu kita untuk lebih berpikir kreatif.

5. Ubah rutinitas

Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center bilang; "mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif". Latihan yang bisa kita lakuin misalnya, mandi dengan mata tertutup (mmmm.. rada autis ya) atau ini aja: mengatur ulang kantor atau meja jg bisa katanya.

6. Belajar bahasa asing

Belajar bahasa asing berguna bgt buat ngaktifin bagian otak yang belum kita pake sejak kita mulai berbicara. Sebuah studi tahun 2007 di York University - Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

7. Menikmati musik
Selain dengerin musik, belajar juga buat mainin instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti dengerin musik dan nyium bunga.

8. Latihan fisik
Latihan fisik bisa juga buat ningkatin kesehatan otak, karena bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Menurut Stanford Center on Longevity and the Max Planck Institute for Human Development, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.

9. Hidup sosial
Otak bisa dilatih dengan ngejalanin kehidupan sosial, misalnya dengan mengunjungi teman. Sebuah studi 2006 oleh Dr David Bennett dari Rush University Medical Center menemukan bahwa memiliki jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

10. Nyari hobi baru
Tantang otak buat belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah kamu lakuin sebelumnya. Jika kamu bukan seniman, coba belajar ngelukis atau mahat patung gtu. Jika kamu bisa main piano, belajarlah main gitar. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.

1 comment:

silakan tinggalkan komen anda,
belom punya akun google?
tenang!! anda tetep bisa kasih komen dg pilih sebagai anonymous/URL.
Don't forget to take your web URL...