Thursday, December 18, 2008

Nangis

Kawan,
gak tahu kenapa, kadang aku bingung sendiri. mungkin aku punya kelainan psikologis.
fiugh....

sekitar dua setengah tahun yang lalu, ketika aku mulai jadi mahasiswa, aku sudah harus pisah ma ortu. ortu di Jawa, sementara aku di ujung Utara Sumatera.

Karena aku kuliah di sekolah tinggi kedinasan dan Cuma DI, maka setahun kemudian aku lulus... langsung dikasih kerja, yang untungnya berada di tempat nun jauh dari tanah ortu.
Gak terasa, aku udah pisah lama bgt sama keluargaku. Gak pernah ketemu, nelpon pun jarang2.

”emang gak kangen ya??”,
Gak tahu lah, pertanyaan itu terlalu berbobot buatku. Jadi aku bingung mo jawab apa. Aku gak tahu jawabannya. Mungkin syaraf kangenku sudah mengalami penurunan fungsi karena udah lama gak kepake. Jadi, ya.. aku tetep bingung…

Kawan, Emang gimana sih rasa kangen itu?
Ayo Katakan padaku, lekaslah!!!!


Lebaran bulan Oktober lalu, aku pulang setelah sekian lama gak pulang. Nyampe di rumah, ortu udah nyiap2in tetek bengek buat menyambut kedatanganku. Emang mereka sayang banget ma aku. Aku terharu...
Bapak dan emak langsung menghambur memelukku setiba aku di halaman rumah. Mereka menangis tersedu, mungkin sedih anak lelaki mereka satu2nya terbuang di tanah orang demi sesuap nasi (kata tukang becak yang kemarin aku tumpangi, “Demi sesuap nasi, sisanya beli Villa...“. hahaha!).
Aku jadi grogi nerima sambutan ortuku. Kenapa? Karena aku gak bisa ikutan nangis. Aku takut mereka salah persepsi bahwa aku gak sayang lagi ama mereka.

seandainya aku bisa menangis, aku pengen nangis tersedu2 kayak anak kecil yang baru diberentiin netek ama mamaknya. Sayangnya, air mataku kering kerontang.
Aduh gimana ini?....

Singkat cerita, masuklah kami ke dalam rumah. Dan aku mulai menceritakan pengalaman seruku sambil ketawa2, sehingga mereka lupa dengan tangis mereka dan ikut ketawa...

..............

itu cerita masa lalu, udah lewat. Sekarang aku udah pisah lagi ma ortu. Berangkat ke tempat aku kerja lagi, kota Sibolga nan indah permai.

Pagi tadi aku bangun, dengan sejuta asa seakan hari ini aku akan mampu wujudkan harapan bundaku waktu melahirkanku dulu. Harapan untuk jadi orang paling baik dan paling bisa dibanggain.

fiuh… Tapi mungkin karena aku Cuma sendirian di rumah.... (kebetulan temen2 satu kontrakanku lagi liburan ke Medan) aku jadi terseret lamunan masa lalu. setelah terbuai dalam lamunan, aku jadi inget dan kangen saat dulu aku masih bisa nangis. sudah sekian lama aku gak pernah nangis lagi…. Bila ku ingat2, kayaknya nangis tu kesel2 lucu… terharu… hihihi.

ku pikir, mumpung aku lagi sendirian di rumah ada baiknya aku nangis aja sekarang. Jadi gak ada alasan malu bakal ketahuan ama orang…

Aku coba pura-pura nangis dengan harapan bisa nangis beneran, eh tetep gak nangis2. setelah lama berpura-pura, aku jd ngerasa aneh sendiri. Lalu dengan semangat membara, aku mulai aksiku dengan mencari2 sesuatu yang kurasa kubutuhkan di kamar mandi, di kolong tempat tidur, di bawah tumpukan baju, di laci lemari, sampe ke rumah tetangga. Tapi, seperti dugaanku sebelumnya, tetep gak kutemukan apa yang bisa bikin aku nangis.

sejurus kemudian aku punya ide, iseng2 buat ngetes sapa tahu aku punya bakat jadi artis. aku ambil ballpoin ma kertas, mencoba membuat skenario cerita. Cerita sedih yang sesedih-sedihnya tentunya… tapi baru mo mulai nulis, aku udah bosen duluan.
“Kelamaan”, pikirku. "Mending langsung praktek…"

Lalu aku berdiri di depan cermin, mulai bergaya…. Dan…
“action…!!!”,

Aku memonyong2kan bibirku sambil bayangin hal2 yang menyedihkan, terutama yang pernah kualami… aku nyoba2 akting nangis… uh! ternyata susah juga.
Kulihat wajahku di cermin. Wah… ekspresiku udah lumayan meyakinkan. Cuma tetep gak keluar air mata…
Lama kucoba lagi dan lagi, akhirnya aku capek sendiri….
Bukannya nangis, aku malah ketawa sendiri liat muka imutku yang aku photo waktu tadi aku lagi belajar akting…

Wahahaha…!

Oia,
jangan saranin aku make cabe atau bawang merah biar bisa nangis ya!
gak gentle banget nangis dengan cara itu...
huhu...




No comments:

Post a Comment

silakan tinggalkan komen anda,
belom punya akun google?
tenang!! anda tetep bisa kasih komen dg pilih sebagai anonymous/URL.
Don't forget to take your web URL...